Kamis, 10 Januari 2008

Biodisel

Biodisel yang dibuat dari miyak nabati dan biodiesel lemak hewan

Adalah suatu bahan bakar yang yang dapat diperbaharui yang dapat digunakan sebagai ganti bahan bakar diesel dibuat dari minyak tanah. Biodioesel dapat dibuat dari minyak nabati, daging hewan, atau lemak. Kebanyakan biodiesel hari ini dibuat dari minyak kacang kedelai. Sekitar separuh dari biodiesel produsen bisa membuat biodiesel dari digunakan minyak atau gemuk, lumas/lemak rumah makan termasuk yang didaur ulang. Biodiesel adalah paling sering dicampur dengan diesel minyak tanah di (dalam) perbandingan dari 2 persen ( B2), 5 persen ( B5), atau 20 persen ( B20). [Itu] dapat juga digunakan sebagai biodiesel yang murni ( B100). Biodiesel bahan bakar dapat digunakan sebagai sarana menggerak mesin diesel yang reguler tanpa membuat perubahan apapun pada bagian mesin tersebut . mesin/motor dengan bahan bakar biodiesel sudah lama dipergunakan , hal ini bukan suatu gagasan yang baru. Sebelum bahan bakar diesel di ketemukan minyak tanah telah popiuler , Rudolf Diesel, perancang dari mesin diesel, telah mencoba menggunakan minyak nabati ( biodiesel) sebagai bahan bakar.

Biodisel sebagai bahan bakar transportasi

Kebanyakan truk, buses, dan traktor di United States/Amerika Serikat menggunakan bahan bakar diesel. Diesel adalah suatu bahan bakar yang yang nonrenewable terbuat dari minyak tanah. Menggunakan biodiesel berarti bahwa kita menggunakan lebih sedikit minyak tanah. Biodiesel mengakibatkan lebih sedikit polusi dibanding diesel minyak tanah. Sebagai sarana (angkut) apapun yang beroperasi dengan bahan bakar diesel dapatberpindah ke biodiesel tanpa adanya perubahan pada konstrusi mesin. Oleh karena itu pembakarnnya lebih bersih, biodiesel tumh dan berkembang paling cepat dibandingkan dengan bahan bakar yang lain karena biaya lebih efisien sebagi sarana (angkut) armada. Banyak armada sekolah berpindah ke bahan bakar biodiesel campuran untuk bahan bakar bis sekolah mereka. Biodiesel juga bisa digunakan untuk armada, truk sampah, , dan sarana angkut militer. Sejauh ini, penggunaan dari biodiesel telah dibatasi pada armada dari sarana angkut yang mempunyai sarana pompa-bensin tempat mereka. Ketika banyaknya pompa-bensin yang dimiliki publik menawarkan biodiesel, mungkin menjadi lebih populer di antara konsumen yang individu. B100 dan biodiesel campuran adalah sensitip dengan udara dingin dan boleh memerlukan bahan campuran khusus anti-freeze, seperti halnya bahan bakar diesel seperti penggunaan pada petroleum-based. Prinsip kerja Biodiesel seperti suatu zat aditip deterjen, mengendurkan dan menghancurkan sedimen di dalam tangki penyimpan. Sebab biodiesel adalah suatu bahan pelarut, B100 juga menyebabkan karet dan komponen lain dapat rusak pada mesin sarana angkut yang lebih tua. Masalah ini tidak terjadi dengan biodiesel campuran.

Biodisel dan Lingkungan

Bahan bakar biodiesel dapat diperbaharui, tidak beracun, dan biodegradable. dibandingkan dengan bahan bakar diesel, biodiesel, pembakarannya lebih bersih. Proses pembakarnnya menghasilkan lebih sedikit polusi , seperti particulates, karbon monoksida, hidrokarbon, dan air beracun. Meskipun demikian juga dapat membuat peningkatan emisi/ pancaran dari oksida zat lemas. Biodiesel menghasilkan lebih sedikit asap yang hitam, dan bau lebih baik, juga. Kadang-Kadang biodiesel mempunyai bau seperti minyak goreng. Bahan bakar diesel reguler berisi belerang. Belerang dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan ketika terjadi proses pembakaran pada bahan bakar. Undang-undang lingkungan baru akan menerapkan jumlah belerang di (dalam) bahan bakar diesel untuk secara dramatis dikurangi pada beberapa tahun yang akan datang. Kapan belerang dipindahkan dari bahan bakar diesel yang reguler, apabila tidak bekerja sebagai bahan bakar dengan baik. Menambahkan suatu kecil jumlah biodiesel dapat memperbaiki masalah itu. Biodiesel tidak mengandung belerang, sehingga mesin beroperasi dengan suara yang lebih lembut.

Tidak ada komentar: